Monday, November 19, 2012

Pengaruh China terhadap Fashion Indonesia


Pengaruh China
Masih dengan ide cemerlang memopulerkan kain Nusantara, Ghea Panggabean kali ini mengingatkan bahwa budaya tradisi Indonesia banyak juga mendapat pengaruh China.

Desainer senior ini menampilkan rancangan yang menonjolkan khas busana China—antara lain cheongsam dengan kerah tinggi dan belah samping yang menonjolkan keindahan kaki—diperkuat dengan warna-warna merah muda, hijau, biru lembut.
Masih bernunasa oriental, dengan tema “Wong Kito Chino”, Defrico Audy mengusung keindahan istiadat China zaman Kerajaan Sriwijaya dengan memadu-padankan bahan songket, tule, brokat, sutra Thailand, satin, dan chiffon silk. Nuansa ini juga diangkat oleh Deden Siswanto—yang juga merancang kostum pertunjukan Lutung Kasarung di Bandung—dan Eny Ming yang mengangkat busana China kontemporer dengan detail jubah.
Sekitar 30.000 pengunjung yang menghadiri IFW 2012, selain dipuaskan dengan peragaan busana, juga kesempatan melirak-lirik model para desainer ternama yang membuka stan. Ada 369 stan yang ikut IFW 2012, yang sebagian besar menghadirkan Akain-kain tradisi. Bisa jadi, kebangkitan produk Nusantara saat ini semakin dihargai. (WI/Rita Sri H, Viesta Karwila, Bambang Triyono

No comments:

Post a Comment